SEDIKIT ULASAN JURUSAN AKUNTANSI POLNEP

Jurusan Akuntansi mempunyai 2 (dua) program studi, yaitu :
1. Diploma III Program Studi Akuntansi
2. Diploma IV Program Studi Akuntansi

STRUKTUR ORGANISASI
Ketua Jurusan Akuntansi : Dr. A. Razak, SE., MM., Ak., CA
Sekretaris Jurusan Akuntansi : Linda Suherma, SE., M.Si
Ka. Prodi Akuntansi (D3) : Susan Andriana, SE., MM, Ak., CA
Ka. Prodi Akuntansi (D4) : Zulham Al Farizi, SE., M.Acc
Kalab. Akuntansi : Khamim, SHI., SH., MH

STAF PENGAJAR (DOSEN)
Jumlah Staf Pengajar : 22 orang
Jumlah Staf Pengajar S3 : 1 orang
Jumlah Staf Pengajar S2 : 20 orang
Jumlah Staf Pengajar S1 : 1 orang

Berikut daftar nama Staf Pengajar (Dosen) berdasarkan homebase Program Studi :
1. Arianto, SE., MM (Akuntansi-D3)
2. Baidhillah Riyadhi, S.Ag., M.Ag (Akuntansi-D3)
3. Kartawati Mardiah, SE., MM (Akuntansi-D3)
4. Linda Suherma, SE., M.Si (Akuntansi-D3)
5. Mahyus, S.Pd., SE., MM (Akuntansi-D3)
6. Ninik Kurniasih, SE., MM (Akuntansi-D3)
7. Sari Zawitri, SE., M.Si (Akuntansi-D3)
8. Susan Andriana, SE., MM, Ak., CA (Akuntansi-D3)
9. Theresia Siwi Kartikawati, SE., MM (Akuntansi-D3)
10. Tomi Rezano, SE., Ak (Akuntansi-D3)
11. Wahyudi, S.Pd., M.Ed (Akuntansi-D3)
12. Yani Riyani, SE., M.SA (Akuntansi-D3)  
13. Dr. A. Razak, SE., MM., Ak., CA (Akuntansi-D4)
14. Bob Mustafa, SE., M.Acc., Ak (Akuntansi-D4)
15. Elsa Sari Yuliana, SE., M.Sc (Akuntansi-D4)
16. Endang Kusmana, SE., MM., Ak (Akuntansi-D4)
17. Khamim, SHI., SH., MH (Akuntansi-D4)
18. Oscar Rynandi, SE., M.Si., Ak (Akuntansi-D4)
19. Rika Irawati, S.Pd, M.Pd (Akuntansi-D4)
20. Tashadi Tarmizi, SE., M.Si., Ak (Akuntansi-D4)
21. Zulfikar, SE., MPA (Akuntansi-D4)
22. Zulham Al Farizi, SE., M.Acc (Akuntansi-D4)


DIPLOMA III PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Program studi (prodi) Akuntansi mulai beroperasional pada tahun 1994. Untuk ijin penyelenggaran Prodi berdasarkan SK No 75/DIKTI/Kep/1997, tanggal 22 April 1997. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 025/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/XII/2011, tgl 1 Desember 2011, prodi Akuntansi telah mendapat sertifikat akreditasi dengan peringkat "B". Kurikulum program pendidikan Diploma Tiga (D3) dengan kurikulum 110 sks dialokasikan dalam 6 semester. (Lihat KURIKULUM)

DESKRIPSI SINGKAT
Program studi Akuntansi pada awal berdirinya tahun 1994 berada dibawah naungan Jurusan Tata Niaga, tahun akademik 2000 program studi akuntansi berdiri sendiri secara otonomi menjadi Jurusan Akuntansi. Saat ini Jurusan Akuntansi sedang mengembangkan diri sesuai dengan paradigma baru pendidikan yang mengembangkan penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan orientasi otonomi, akuntabilitas, akreditasi, evaluasi diri dan kualitas proses secara berkesinambungan.
Program pengembangan jurusan akuntansi didasari atas hasil Evaluasi Diri sehingga diketahui kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang jurusan untuk diimplementasikan sesuai dengan isu strategi pendidikan yaitu RAISE ++ (Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organization, Sustainability, Efficiency-productivity, Leadership and Institusional Commitment dan Acces and Equity) sehingga Visi dan misi Politeknik Negeri Pontianak dapat diwujudkan.

VISI PRODI
Pada tahun 2020, Program Studi Akuntansi merupakan market leader program studi vokasi di tingkat regional Kalimantan.

MISI PRODI
1. Menyelenggarakan pendidikan vocasional bidang akuntansi dan penelitian terapan bagi kesejahteraan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional, sesuai dan sepadan dengan kebutuhan masyarakat.
2. Membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis.
3. Mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi  (IPTEK) berbasis Industri Pertanian dan Kelautan untuk  peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat dengan memberdayakan sumber daya program studi secara optimal.

KOMPETENSI PRODI
1. Penyelenggaraan pendidikan vokasi bidang akuntansi untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang mempunyai keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif.
2. Melaksanakan penelitian terapan dalam rangka pengembangan iptek untuk menunjang upaya pembangunan nasional, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan industri pertanian dan kelautan.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan iptek melalui prakarsa dan peran aktif dalam membantu membangun desa tertinggal dan mengentaskan kemiskinan dengan jalan memberikan pelayanan jasa, manajemen dan  teknologi
4. Membina dan mengembangkan iklim kehidupan akademik yang sehat dan dinamis untuk membentuk masyarakat ilmiah yang menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, terbuka, kritis, bertanggungjawab, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perubahan jaman
5. Membina dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan program studi lain, instansi pemerintah, industri, lembaga pendidikan lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
6. Meningkatkan kinerja program studi pada semua aspek kegiatan yang menjadi misi Polnep secara keseluruhan agar menjadi lembaga pendidikan tinggi terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasional maupun internasional.

CAPAIAN PRODI
1. Mahasiswa mampu menyusun Laporan Keuangan.
2. Mampu mengklasifikasikan, melaporkan dan mengawasi berbagai jenis biaya dalam dunia usaha (dunia kerja).
3. Mampu menghitung, melaporkan dan menerapkan pajak. Sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
4. Mampu mengoperasikan komputer secara optimal sebagai alat untuk mengolah data Akuntansi dan data lainnya.
5. Mampu membantu pelaksanaan tugas-tugas Auditor.
6. Mampu membantu menyusun dan menganalisa sistem Akuntansi.
7. Mampu membantu melaksanakan Analisa Kredit.
8. Mampu menyusun  dan mengevaluasi anggaran.
9. Mampu menilai dan memanfaatkan peluang usaha.
10. Mampu melaksanakan fungsi supervisi dalam Akuntansi.
11. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris aktif dan pasif

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
Penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Politeknik Negeri Pontianak bersifat perangsangan belajar dengan kompetensi lulusan politeknik yang cerdas dan professional. Penyelenggaraan pendidikan dikembangkan dengan spesifikasi sebagai berikut :
1. Lulusan profesional yang siap pakai dalam pasar kerja
2. Rancangan kurikulum fleksibel (mengikuti kebutuhan pasar kerja)
3. Perbandingan materi kuliah (60% praktek dan 40% teori)
4. Lulusan diarahkan pada standard competensi base dan berorientasi outcome
5. Penelitian yang dilakukan bersifat terapan sehingga terintegrasi dan berkesinambungan dengan pengabdian masyarakat yang dilakukan

FASILITAS PENDIDIKAN
Program studi akuntansi telah memiliki sendiri fasilitas pendidikan antara lain :
1. Kampus permanen, luas, asri dan terjangkau transfortasi umum.
2. Ruang kuliah representatif
3. Laboratorium manual representatif (Akuntansi, Auditing dan Perpajakan)
4. Laboratorium Komputer representatif
5. Bank Mini (sedang dikembangkan)
6. Buku ajar/Modul
7. Buletin Intern Jurusan Akuntansi (BIJAK)
8. Tempat parkir memadai

TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar adalah tenaga tetap yang telah memperoleh pendidikan kepoliteknikan dengan latar belakang praktisi dan akademisi

PROSPEK LULUSAN
Lulusan Politeknik saat ini mengisi pasar kerja di instansi pemerintah, BUMN/BUMD, instansi swasta dengan kemampuan profesional yang handal. Saat ini sedang disusun program pengembangan lulusan dengan kualitas lulusan berwawasan lokal, nasional dan global sesuai dengan standar kompetensi pasar kerja.

WAKTU KULIAH
Waktu kuliah diselenggarakan sesuai dengan standar kepoliteknikan dengan waktu kuliah diselenggarakan untuk kelas Pagi dan sore

PUSAT PELAYANAN PUBLIK TERPADU
Prodi Akuntansi juga melayani :
- Pendidikan : Penyelenggaraan pendidikan kelas khusus.
- Pelatihan : Pelatihan Akuntansi, Perbankan, Perpajakan, Komputer Akuntansi dan Komputer Perpajakan (Bersertifikat)
- Penelitian : Jasa penelitian dan pengembangan ekonomi terapan, penelitian pengembangan potensi daerah
- Jasa lainnya : Jasa perancangan sistim akuntansi untuk badan usaha, Jasa konsultasi akuntansi dan keuangan, Jasa konsultasi manajemen, Jasa perancangan sistim informasi, Jasa perancangan LAN & internet, Jasa konsultasi teknologi informasi dan Jasa teknisi computer

DIPLOMA IV PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Program studi (prodi) Akuntansi jenjang D4 mulai beroperasional pada tahun 2008. Untuk ijin penyelenggaran Prodi berdasarkan SK nomor 2134/D/T/2008, tanggal 11 Juli 2008. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 105/SK/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-IV/I/2013, tgl 4 April 2013, prodi Akuntansi D4 telah mendapat sertifikat akreditasi dengan peringkat "B". (Lihat KURIKULUM)

DESKRIPSI SINGKAT
Jurusan Akuntansi pada Politeknik Negeri Pontianak dibuka Pada tahun akademik 1997/1998 sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 75 /DIKTI/Kep/1997. Pada awal berdirinya dibuka program studi D3 Akuntansi Keuangan. Setelah meluluskan tenaga profesional di bidang akuntansi keuangan pada tahun akademik 2008/2009 membuka program studi D4 sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tin ggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 2131/ DT/ T/ 2008.

VISI PRODI
Pada tahun 2027 Program Studi DIV Akuntansi Sektor Publik Merupakan Mitra terbaik dan terpercaya untuk organisasi sektor publik di wilayah regional kalimantan.

MISI PRODI
1. Menyelengarakan pendidikan vokasi dan penelitian terapan bagi peningkatan kesejahtraan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional, sesuai dan sepadan dengan kebutuhan masyarakat.
2. membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis.
3. Mengembang kan dan mendaya gunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan kesejahtraan masyarakat dengan memberdayakan sumberdaya Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak secara maksimum.

KOMPETENSI PRODI
Setelah mengikuti pendidikan Politeknik, Mahasiswa memiliki keahlian/ keterampilan sebagai berikut :
1. Memiliki pengetahuan tentang proses Akuntansi dan keterampilan dalam menyusun laporan keuangan pemerintah baik pusat maupun daerah, perusahaan jasa, dagang, manufaktur, dan organisasi sektor publik lainya.
2. Memiliki pengetahuan tentang proses pemeriksaan (audit) dan Keterampilan tehnis dalam melakukan pemeriksaan (audit) untuk organisasi bisnis maupun organisasi bisnis maupun organisasi sektor publik.
3. memiliki keterampilan dalam penyusunan sistem akuntansi pemerintahan.
4. memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan / manajerial keuangan organisasi sektor publik, proyek maupun organisasi bisnis.
5. Memiliki keterampilan dalam melakukan analisa-analisa keuangan, ekonomi, maupun investasi publik.
6. memiliki keterampilan dalam pembuatan anggaran organisasi bisnis maupun organisasi pemerintah ( sektor Publik).
7. Memiliki keahlian dalam penyusunan laporan keuangan mengunakan komputer (Komputerisasi akuntansi).
8. Mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris baik secara lisan maupun tertulis serta mampu mengoperasikan komputer sebagai keterampilan penunjang dalam kerja.

CAPAIAN PRODI
Lulusan yang memiliki keterampilan dalam bidang akutansi Sektor Publik dengan moral, kreativitas dan kemampuan beradaptasi yang tinggi.

FASILITAS
1. Ruang perkuliahan yang representative yang dilengkapi AC dan Hot Spot (connect internet) untuk proses e-learning.
2. Setiap ruangan dilengkapi Infocus (LCD), proyektor dan e-Beam.
3. Ruang laboratorium computer dan manual akuntansi.
4. Perpustakaan pusat polnep dan jurusan akuntansi dengan koleksi lengkap baik berbahasa Indonesia dan Inggris
5. Bahan ajar dalam bentuk job sheet dan modul.

SUMBER : POLNEP.AC.ID

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Burung Enggang

Kerja Bakti Sosial Internal Tahun 2022