Bukber On The Road dan Sahur On The Road HMJ Akuntansi Polnep

   Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, pada kesempatan yang berbahagia ini dan masih benuansa pada bulan suci Ramadhan ijinkan penulis ingin membahas mengenai sebuah agenda acara yang diselenggarakan oleh HMJ Akuntansi Polnep dalam agenda Acara yang bertajuk dan SOTR . Mungkin diantara pembaca semua ada yang belum paham dan belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Bukber On The Road dan Sahur On The Road. Jika , Anda belum tau maka tak usah khawatir sebab pada artikel kali ini penulis secara khusus melaporkan dan memberi sedikit informasi kemarin yang kami lakukan yaitu tepat pada tanggal 23 - 24 Mei 2018.


   Bukber On The Road adalah sebuah agenda trobosan baru HMJ Akuntansi yaitu dengan cara membagikan takjil gratis kepada pengguna kendaraan bermotor di Bundaran Digulis. Pada tahun sebelumnya lebih dulu sebuah agenda bernama Bubur Aksi (Buka Puasa Bersama HMJ Akuntansi) yaitu sebuah agenda berbuka puasa yang diselenggarakan oleh HMJ Akuntansi Politeknik Negeri pontianak dengan mengundang pada para pihak diantaranya para Dosen Jurusan Akuntansi, Ormawa yang ada dilingkungan Polnep, dan pihak lainnya.


   Perlu Anda catat dan Anda ingat bahwasannya manfaat dari buka puasa bersama dan memberi makanan untuk orang yang sedang berpuasa adalah untuk mempererat emosionalitas (ukhuwah), kemudian untuk meningkatkan semangat membantu orang lain sesama Muslim, menjadi sebuah media fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) dengan di dalam buka bersama terdapat kegiatan ibadah secara kolektif, dan lain-lainnya.

      Puasa bukan hanya menahan lapar dan menahan dahaga, akan tetapi lebih indah dengan kita berbagi dan memberi kepada sesama dan perlu diingat bahwasannya salah satu waktu terkabulnya do’a adalah doa orang yang sedang berpuasa . Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi :



ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُوَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ



      Artinya adalah“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak yakni yang pertama Pemimpin yang adil, Kedua adalah Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, Kettiga adalah Do’a orang yang terdzolimi.”  (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

      Bukan hanya sebatas melakukan agenda acara Bukber On The Road, akan tetapi pada Bulan Ramadhan kali ini HMJ Akuntansi Polnep juga melakukan agenda SOTR (Sahur On The Road) tahun ke 2 yang dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2018 yang dimulai dari pukul 2 dini hari . Sahur On The Road ialah kegiatan makan sahur yang dilakukan oleh HMJ Akuntansi Polnep yang dilakukan dijalan serta memberikan makan sahur kepada orang-orang yang kami temui di jalan dengan tujuan memberikan sedikit makanan kepada orang-orang yang menghabiskan waktu subuh mereka dijalanan dengan harus menahan gigil udara malam demi bekerja menafkahi keluarga . SOTR ini sesungguhnya ialah sebuah kegiatan yang sangat mulia hal ini dikarenakan kegiatan ini bertujuan untuk dapat berbagi kepada sesama di bulan yang suci Ramadhan  dan memperoleh Berkah Ramadhan.



   Agenda acara kali ini ditutup dengan makan sahur bersama di Kampus tercinta Politeknik Negeri Pontianak dan Sholat berjama’ah di Masjid Al-Hadid Polnep, semoga dengan acara semacam ini akan dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan semoga Allah SWT memberikan kita pahala yang lebih dibulan suci Ramadhan ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.



     Penulis : M. Teguh Budianto



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Burung Enggang

Kerja Bakti Sosial Internal Tahun 2022